Cara Membuat Gitar Jadi Lebih Keren 2019

Bagi banyak gitaris, mempertahankan gitar tetap kinclong adalah kebanggaan. Muka boleh kusam dan kucel tapi gitar teteeeup mesti kinclong dong. Dan memang...gitar kinclong lebih enak diliat di panggung ataupun di video yang kamu unggah ke medsos, bikin kamu terlihat ganteng dan mampu merawat barang. Juga gitar kinclong bikin harganya tetep bagus saat dijual.
1. HINDARI PAKAI AKSESORIS MANGGUNG YANG BERLEBIHAN
Ada beberapa aksesoris fashion yang wajib kamu tanggalkan ketika kamu main gitar jika kamu ingin gitarmu terjaga kekinclongannya,
pertama adalah ikat pinggang dengan kepala yang besar, menonjol dan ada sudut tajamnya. Ikat pinggang dengan kepala gesper kayak gitu memang keren, tapi hanya keren ketika kamu gak main gitar. Ketika kamu main gitar, kerennya bakal tertutup gitar dan dengan segera bakal bikin baret-baret kasar di body belakang gitarmu. Sayang kan?
Kedua adalah cincin, ditaruh di jari manapun dengan bentuk seperti apapun cincin ini berpeluang besar bergesekan dengan gitarmu karena rata2 cincin terbuat dari logam sedangkan gitar terbuat dari kayu...go figure!
Ketiga adalah gelang dan atau jam tangan/arloji bahan logam/keras yang dipakai di tangan kanan (tangan bagian picking dan strumming), selain suka nyangkut2 di senar, gelang itu gampang banget bikin bagian di sekitar senar dan bridge gitar kamu baret-baret.
Keempat adalah manik2, pin dan aksesoris logam lain yang kamu pasang di rompi perang kamu.
Tenang aja luur, nanti seudah main gitar, terutama kalo mau di foto, pake aja lagi aksesorisnya okey?

2. SIAPKAN ALAT-ALAT PEMBERSIH YANG SESUAI
Sebuah lap berbahan katun bisa kamu pergunakan untuk membersihkan gitarmu dari bekas keringat maupun noda lain yang nempel di gitarmu. Rajinlah mengelap gitarmu, terutama setelah selesai dipakai karena kotoran cenderung masih baru dan masih mudah dibersihkan.
Siapkan pula sebuah kuas lembut, fungsinya untuk mengeluarkan debu dari tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh lap. Jika kamu perokok dan suka main gitar sambil merokok, kuas ini wajib kamu punya.Agar perawatannya tepat...kamu harus tahu jenis finishing apa yang diaplikasikan ke gitarmu sehingga kamu bisa membeli produk wax/cairan perawatan furniture kayu yang tepat pula.
Terakhir, siapkan pula hampelas dengan ukuran grit paling halus dan sebuah cutter, kedua benda ini sangat berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan daki yang tertinggal di fretboard. Tentu saja membersihkannya adalah ketika kamu sedang mengganti senar dan memang...
...saat yang paling tepat untuk membersihkan gitar adalah ketika kamu mengganti senar.
3. PERHATIKAN KONDISI TEMPAT MENYIMPAN GITAR
Perhatikan dengan seksama kondisi tempat kamu nyimpen gitarmu, baik tergeletak, berdiri, nyandar, tergantung dll. Apakah aman dari gesekan atau tertindih atau tertubruk benda lain. Perhatikan pula kondisi kelembapannya, sirkulasi udara mesti bagus biar gak gampang timbul bercak-bercak maupun jamur di body gitarmu juga menjaga senar dan part lain dari logam agar tidak mudah berkarat.

@RadioMusikIndonesia_Radio Online

Comments